Tips Membuat Cover Letter Baik dan Sesuai Etika

Contoh Cover Letter dalam Bahasa Inggris | Cakap

Sebelum melamar pekerjaan, hal yang harus dipersiapkan adalah berbagai berkas keperluan untuk melamar pekerjaan. Adapun berkas yang dibutuhkan seperti surat lamaran, daftar riwayat hidup, fotocopy identitas diri (KTP), fotocopy ijazah dan lain sebagainya.

Nah, salah satu hal yang juga diperlukan dalam melamar pekerjaan diantaranya adalah pembuatan cover letter. Sebenarnya cover letter berisi hal yang sama dengan surat lamaran. Hanya saja, dalam cover letter isinya lebih mendetail dibandingkan surat lamaran.

Dalam membuat surat lamaran mungkin semua orang sudah tahu bagaimana isinya baik dimulai dari pembuka, tujuan, posisi pekerjaan dan penutup. Namun, dalam membuat cover letter tidak semua orang bisa membuatnya karena cover letter isinya lebih mendetail dibandingkan surat lamaran.

Perlu diketahui dalam membuat cover letter haruslah sesuai dengan etika, yakni menggunakan Bahasa formal dan sopan. Hal ini layaknya kamu sedang berinteraksi langsung dengan HRD. Untuk itu, pada artikel kali ini kami akan membahas tips membuat cover letter yang baik dan sesuai dengan etika. Namun sebelumnya mari simak pengertian dari cover letter terlabih dahulu.

Pengertian Cover Letter

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa cover letter sebenarnya isinya sama saja dengan surat lamaran yang berisi identitas pribadi, tujuan surat tersebut dan posisi yang diinginkan. Hanya saja, dalam cover letter isinya lebih detail.

Nah adapun pengertian dari cover letter ini sendiri adalah surat pengantar yang ditujukan kepada suatu departemen usaha yang membuka lowongan pekerjaan. Dalam cover letter, tidak hanya berisi identitas singkat pribadi saja melainkan juga menjelaskan motivasi kamu dalam melamar pekerjaan tersebut. Dalam cover letter juga berisi penjelasan mengapa kamu adalah orang yang tepat dan memenuhi syarat untuk posisi yang dilamar.

Fungsi Cover Letter

Fungsi dari cover letter salah satunya adalah untuk memperkenalkan diri kamu pada suatu perusahaan tersebut. Selain itu, fungsi lain dari cover letter diantaranya yaitu:

  1. Untuk menujukkan minat yang tinggi
  2. Untuk menjelaskan skill mu secara detail
  3. Untuk menjelaskan kepribadian singkatmu
  4. Untuk membuat dirimu lebih menonjol dibandingkan dengan pelamar lain
  5. Untuk menunjukkan kontribusi yang bisa kamu berikan
  6. Untuk menjelaskan bahwa kamu adalah kandidat yang tepat

Tips Membuat Cover Letter

Nah, setelah kamu mengetahui pengertian dari cover letter dan fungsinya. Selanjutnya kami berikan tips membuat cover letter yang tepat dan sesuai dengan etika penulisan.

  • Gunakan format surat bisnis

Format cover letter yang paling umum digunakan sampai saat ini adalah full block style. Artinya segala pengetikan dalam surat ini dimulai rata pada sisi kiri. Dalam penulisan cover letter juga tidak ada alinea yang menjorok di setiap awal paragraph.

  • Hindari penggunaan kata “saya”

Mengapa tidak boleh menggunakan kata “saya” ? Maksudnya adalah hindari penggunaan kata tersebut lebih dari dua per paragrafnya. Sebagai contoh “saya lampirkan berkas dan dokumen terbaru saya yang dibutuhkan berikut ini”. Nah, dalam hal ini kamu bisa menggantinya dengan kata “Anda” seperti berikut “Anda bisa melihat berkas dan dokumen terbaru saya berikut ini”.

  • Variasikan gaya tulisan

Agar cover letter yang kamu buat lebih menarik dan mudah dibaca, kamu bisa mengimbangi kalimat panjang menjadi pendek demi mudah dipahami. Kamu juga sebaiknya gunakan kalimat aktif dan kata kerja aksi dibandingkan kalimat pasif.

  • Baca ulang

Setelah cover letter dibuat, tips penting yang terakhir sebelum kamu mengirimnya adalah baca ulang kembali. Periksa apakah ada kata yang typo atau kalimat yang salah. Pastikan kamu menggunakan Bahasa yang formal sesuai dengan KBBI.

 

Itulah tips membuat cover letter yang baik dan sesuai dengan etika penulisan. Semoga artikel ini dapat membantu mu dalam membuat cover letter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *