Cara Membasmi Rumput Liar Yang Tumbuh Pada Taman

Taman memang tidak bisa luput dari pertumbuhan gulma dan rumput liar.  Selain merusak keindahan taman Anda, gulma juga mengganggu proses pertumbuhan tanaman Anda.  Dari informasi dibawah ini, kami sebagai Tukang Taman Jakarta akan membahas cara menghilangkan gulma di kebun Anda. 

Simak informasi di bawah ini untuk memastikan taman Anda bebas dari gulma.

1. Air panas

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk membasmi rumput liar adalah dengan menggunakan air mendidih, karena cara ini konon bisa membasmi rumput liar atau ilalang.  Saat merebus sayur atau mie instan, sisa air rebusan jangan dibuang, melainkan dituang ke tempat yang biasa ditumbuhi ilalang.

Biasanya gulma akan layu dan mati jika terkena air panas, karena air mendidih akan larut di permukaan gulma dan merusaknya.  Tentu ini bukan hal yang sulit untuk Anda lakukan dan tidak ada salahnya mencoba cara ini.

2. Pemutih

Apakah rumput liar tumbuh di sekitar rumah, jalan setapak, dan dinding Anda?  Kemudian coba tuangkan pemutih murni di atasnya.  Setelah satu atau dua hari, Anda dapat dengan mudah mencabutnya, yang sebenarnya mencegah gulma pemutih muncul kembali.

Pastikan untuk tidak menggunakan pemutih secara sembarangan.

Baca juga: Membuat Taman Komplementer Kolam Ikan

3. Koran

Surat kabar juga dapat digunakan untuk membasmi gulma, karena dapat menghalangi masuknya sinar matahari dan oksigen ke dalam tanah, menyiksa dan menghambat pertumbuhan gulma dan mencegah pertumbuhan baru.

Caranya adalah dengan menyimpan koran dalam 10 lapisan dan membasahi koran untuk menutupinya dengan satu atau dua inci mulsa.  Jika gulma mulai tumbuh di mulsa, pada akhirnya tambahkan lebih banyak lapisan yang akan memperkaya tanah dengan pembusukan.

4. garam

Apakah sulit untuk menyingkirkan gulma yang sering muncul di kebun atau di jalan sekitar rumah Anda?  Solusinya Anda bisa menggunakan garam.  Garam merupakan bahan alami yang aman dan mudah dibeli di rumah (di dapur) atau di toko.

Selain itu, penggunaan garam tidak menimbulkan bau menyengat seperti bahan kimia lainnya.

Penggunaannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menaburkan garam pada area tumbuh gulma dan usahakan agar tidak mengenai tanaman Anda.

Jangan lupa semprotkan sedikit air, atau jika malas bisa menunggu hujan datang.

Baca juga: Tips Memilih Tanaman Taman Kering

Disini garam berperan untuk menyerap kandungan air dari ilalang, sehingga ilalang akan mengering dan mati jika tanaman Anda terkena semprotan garam terlebih dahulu.

5. Bensin

Salah satu cara untuk menghilangkan gulma di kebun adalah dengan menggunakan bensin.  Campurkan garam bensin, pupuk urea dan sabun cuci secara merata dalam botol semprot dan semprotkan pada gulma.

Saat menggunakan metode ini, Anda harus ingat bahwa sifat keras dari bensin dapat merusak tanaman lain dan mencemari tanah.  Jadi Anda harus berhati-hati saat menggunakannya.

6. Cuka

Selain itu, cuka di dapur juga bisa digunakan untuk menghilangkan gulma di dalam rumah.  Asam asetat dalam 5% cuka mengiritasi daun.  Bahan ini dapat merusak tanaman muda dengan akar yang belum matang, bahkan jika gulma hanya berguling dengan kekeringan.

Campur cuka secara merata dengan sabun cuci piring dan semprotkan pada gulma yang mengganggu.  isi asam asetat Cuka perlahan tapi pasti menghancurkan gulma dan sabun cuci yang menempel pada daun cuka.

Karena cuka adalah herbisida yang efektif, pastikan untuk menutupi tanaman lain sebelum menyemprot.  Lepaskan bagian bawah botol soda plastik 2 liter dan letakkan di target semprotan Anda dengan meletakkannya di atas rumput liar.  Taburkan cuka di atas mulut botol, itu akan mencegah penyemprotan pada sayuran Anda.

7. Sabun mandi

Sabun mandi yang kita gunakan sehari-hari sebenarnya dapat digunakan untuk menghilangkan gulma, karena selain untuk membersihkan kotoran dan mencuci piring, sabun juga dapat membasmi gulma.

Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkan cuka dengan air secukupnya.  Untuk mempermudah pengaplikasian, Anda bisa menggunakan sprayer lalu semprotkan sabun pada gulma yang mengganggu.

Gulma atau gulma yang sudah disemprot biasanya memiliki tampilan yang mengkilap sehingga Anda dapat dengan mudah membedakan mana yang disemprot dan mana yang tidak.

8. Belerang

Jika Anda tinggal di daerah pegunungan yang menghasilkan belerang, bersenang-senanglah karena belerang dapat digunakan untuk membasmi rumput liar, karena belerang dapat digunakan sebagai bahan utama herbisida.

Bahan yang Dibutuhkan:

Siapkan 4 liter air,

2kg garam,

2 botol kecil cuka dan

Sulfur 3 ons.

Cara membuatnya Rebus semua bahan kecuali cuka, aduk rata, saat sudah mendidih angkat dan tuang cuka ke dalam jerigen atau botol besar dan biarkan selama 12 jam maka herbisida alami akan bekerja maksimal untuk menghilangkan gulanya.

9. Makanan gluten jagung

Hasil samping jagung ini dapat menghentikan benih tumbuh menjadi gulma.  Karena gulma dapat dicegah berkecambah.

Teknik cara aplikasinya: Sebarkan makanan gluten jagung di sekitar gulma yang tumbuh atau Anda akan menanam bibit dan memindahkannya ke tanah.

Demikian beberapa tips yang bisa Tukang Taman Surabaya bagikan untuk anda Cara Membasmi Rumput Liar Yang Tumbuh Pada Taman. Tentunya yang membuat bingung mengatasi rumput liar serta gulma yang merusak taman di rumah Anda. Semoga bermanfaat ya buat para sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *