5 Alasan Mengapa Perusahaan Perlu Melakukan Performance Management

Performance management atau pengelolaan kinerja menjadi bagian tak terpisahkan dalam upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia atau SDM dalam sebuah perusahaan.

Strategi ini terus-menerus dilakukan agar perusahaan memperoleh data yang akurat tentang perkembangan kualitas kinerja setiap karyawan. Tidak mengherankan, performance management begitu penting bagi setiap perusahaan. Dengan penerapan yang tepat, taktik ini berperan membawa setiap karyawan mencapai keunggulan kompetitif yang pada akhirnya akan membawa perusahaan meraih targetnya.

Pengertian Performance Management

Performance management software merupakan sebuah proses dari pimpinan perusahaan ke stafnya sebagai bagian dari upaya agar hasil pekerjaan mereka sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan.

Seperti yang disinggung sebelumnya, performance management dilakukan secara berkelanjutan yang akan menghasilkan perbaikan terus-menerus baik untuk karyawan maupun ke perusahaan secara keseluruhan.

Karyawan akan memperoleh kepuasan tersendiri jika taktik ini diterapkan. Mereka akan mendapatkan penghargaan dan pengakuan atas kerja keras mereka. Perusahaan pun pada akhirnya akan meraih manfaat tersendiri sebab karyawan akan terus memperbaiki diri untuk kemajuan bisnis firma itu sendiri.

Pentingnya Performance Management

Beberapa manfaat di atas dapat dijabarkan secara lebih spesifik melalui kegunaan pengelolaan kinerja di bawah ini:

1. Mengetahui masalah dalam pekerjaan

Berkat sifatnya yang terus-menerus, perusahaan dapat mengetahui masalah dalam kinerja secepat mungkin. Pimpinan memperoleh informasi secara cepat mengenai hasil pekerjaan karyawannya. Ia akan meninjau, memberi masukan agar staf tersebut dapat memperbaiki diri. Bahkan, pimpinan dengan bantuan pihak HRD bisa turun tangan jika diperlukan.

2. Mendapatkan staf unggulan

Karyawan unggul atau yang mempunyai potensi besar bagi perusahaan merupakan aset yang harus dijaga. Dengan metode ini, perusahaan dapat segera mengetahui bibit unggul staf. Data dari teknik ini dapat menjadi acuan agar karyawan tersebut dapat dibentuk karakter mereka sesuai visi perusahaan. Mereka inilah yang nanti dipromosikan menduduki jabatan strategis perusahaan di kemudian hari.

3. Mengakui dan memberi pujian kinerja karyawan

Karyawan akan merasa senang jika perusahaan, melalui pimpinan atau divisi HRD, menghargai kerja kerasnya selama ini. Umpan balik yang membangun akan berarti penting bagi mereka. Walhasil, karyawan akan merasa nyaman dan bersedia bekerja lebih baik lagi.

Tahapan dalam Menyusun Performance Management

1. Menentukan Visi Perusahaan

Langkah pertama adalah menyusun tujuan perusahaan dengan mempertimbangkan perkembangan industri. Visi atau tujuan firma seharusnya mencakup strategi menyeluruh bisnis untuk mendukung perkembangan perusahaan sehingga bisa unggul dari pesaing.

2. Menyusun Strategi

Tahapan selanjutnya adalah menyusun strategi manajemen performa sesuai dengan tujuan bisnis yang telah ditetapkan. Strategi atau rencana dalam hal ini meliputi target ke setiap staf, sistem penilaian, konsekuensi ke karyawan tersebut jika tidak mencapai target dan sejenisnya.

3. Menerapkan Rencana

Laksanakan strategi sesuai perencanaan. Meski sudah disusun matang, ada kemungkinan hasil tidak selalu persis dengan rencana. Faktor eksternal, seperti konflik atau molornya tenggat waktu, dapat mempengaruhi hasil usaha. Oleh karena itu, sediakan rencana B untuk mengantisipasi hal tersebut sehingga hasil akhir tetap bisa diraih.

4. Memantau kinerja karyawan

Pelaksanaan rencana berbarengan dengan pemantauan kinerja karyawan. Jika terjadi kendala, pimpinan dapat segera mengambil tindakan agar masalah tidak berlarut-larut. Manfaat tambahan lainnya, kinerja secara bertahap berjalan optimal.

5. Evaluasi

Dengan karakter performance yang bertahap, fungsi evaluasi bisa dilakukan secara perlahan dan berkesinambungan. Dari hasil evaluasi ini, pimpinan atau pihak HRD dapat secara cepat memperoleh masukan berharga untuk perbaikan masing-masing karyawan dan perusahaan.

Tingkatkan Performance Management Karyawan dengan Talenta

Itulah sedikit penjelasan mengenai performance management dan cara ampuh dalam mengimplementasikannya. Anda juga dapat meningkatkan performance management karyawan Anda dengan aplikasi manajemen kinerja Talenta.

Talenta merupakan solusi yang tepat untuk manajerial karyawan Anda. Dengan aplikasi Talenta, Anda dapat mengelola serta memantau kinerja karyawan. Alhasil, Anda akan lebih mudah dalam menjalankan operasional perusahaan untuk mendukung percepatan perkembangan perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *